Ini Review #3 - Clannad S1

Image result for clannad


Selamat datang kembali di postingan Ini Review dari saya di blog yang tidak berguna ini :v, hari ini saya ingin me-review anime legend yang sudah saya re-watch berkali-kali , Clannad.
Seringkali saya dibayangi oleh sekuelnya Clannad After Story, itu masih jadi anime yang paling solid.
Hati-hati waspadalah dengan SPOILER minor dalam review saya ini.

Nggak usah banyak kata lagi ini dia ulasannya


-
Judul: Clannad
Jenis: TV
Episode: 23
Musim: Fall 2007
Studio: Kyoto Animation
Genre: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of  Life, Supernatural
Rating: PG - 13
-


Singkat cerita:
Okazaki Tomoya adalah siswa SMA tahun ketiga yang marah akan kehidupannya. Ibunya meninggal dunia karena kecelakaan mobil saat dia masih kecil, ini menyebabkan si Ayahnya Tomoya sering mabuk alkohol dan juga berjudi. Hal ini menghasilkan perkelahian antara Tomoya dan Ayahnya sampai bahu Tomoya cedera dalam kejadian tersebut. Sejak saat itu hubungan keduanya merenggang.
Sementara dalam perjalanan ke sekolah dia bertemu dengan gadis aneh bernama Furukawa Nagisa yang berusia lebih tua setahun darinya, namun mengulang kelas karena penyakit. Dari pertemuan ini perlahan kehidupan Tomoya bergeser ke alur yang baru.

Plot cerita: 6/10
Clannad musim pertama ini sayangnya memiliki plot romantis yang biasa, terlalu banyak latar belakang bahkan sampai episode akhir. Sisa seri ini terasa seperti "meet and greet" dengan beberapa karakter wanita. Anime yang sangat dekat dengan jurang neraka Harem, tapi tenang si Tomoya berhasil menghindarinya di beberapa episode terakhir. Masalah dari seri anime ini adalah alur cerita yang kesannya lambat, dan mudah diprediksi.

Karakter: 6/10
Image result for clannad
para heroine


Jujur, karakter dalam anime Clannad dapat diterima, mereka tidak terlalu hambar, tetapi mereka juga tidak terlalu menonjol. Kebanyakan dari karakter di seri ini agak pasif, ini adalah bagian dari alur ceritanya yang lambat, karena anime ini sangat didorong peran karakternya. Pengembangan karakter yang oke, perkenalan karakter baru juga cukup bagus, dan itu menyeimbangkan peran para karakter.

Animasi: 9/10
Image result for clannad anime
bapaknya Nagisa

Image result for clannad anime
Tomoya, Nagisa, Pohon

Animasi yang cukup bagus untuk sebuah anime. Tetapi jelas disini banyak fokus dilakukan untuk membuat desain gadis "moe" (kyoani power). Latar belakang scene yang cukup detail, kesimpulannya bagus animasinya gitu.

Soundtrack: 9/10
Image result for dango kaizoku
dango kaizoku

Soundtrack anime ini sangat kuat untuk merubah suasana emosi penonton, Clannad sangat bergantung pada sektor satu ini. Si Soundtrack mampu menyelamatkan beberapa bagian dari adegan yang seharusnya tidak emosional. Lagu opening dan ending yang cukup baik dan selalu membekas dihati.

Tema: 10/10
Clannad memiliki banyak tema yang kuat, dan jujur, inilah yang paling terasa bagi saya. Kita banyak mendapatkan pelajaran dan motivasi dalam kehidupan sehari-hari yang semu. Tujuan anime ini jelas mengatasi penderitaan si karakternya, ini mengingatkan saya bahwa "tidak ada yang menjalani hidup tanpa cobaan". Ini juga berfokus pada membangun hubungan, baik pertemanan maupun romansa. Semuanya terlihat dari interaksi Tomoya dengan beragam cewek, anime ini juga mendorong kesetiaan dan kejujuran, saat ia berusaha keras untuk membantu para gadis dengan perjuangan mereka sendiri, namun Tomoya sendiri menderita pada saat yang sama dan mengabaikan rasa sakit sendiri. Tema yang cukup klise mudah dikenali, cukup kuat.

Skor akhir: 8/10

Akhir kata:
Image result for clannad anime gif
macan

Anime yang dibuat secara emosional dengan tema-tema yang kuat dan soundtrack yang menggerakan hati, sebagai salah satu anime tersedih sejagad. Namun itu masih sangat lambat dan plot yang biasa dapat membuat pertunjukan sulit untuk dinikmati karena alasan lain selain emosional itu sendiri.




Terima kasih sudah membaca review saya kali ini, bagaimana menurut anda setujukah atau bahkan sangat setuju?
Tinggalkan komentar dan pastikan untuk membaca ulasan saya yang lain.

Next: Ini Review Clannad: After Story

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Rekomendasi Anime Action terbaik

Ini Review #2 - Mahoujin Guruguru (2017)

Ini Review #1 - Mars of Destruction