Ini Review #4 - Clannad: After Story

Image result for clannad after story
spoiler

Selamat datang kembali, setelah sudah me-review Clannad musim pertama yang memiliki alur agak biasa, disini saya lanjut mengulas anime "luar biasa", Clannad: After Story, merupakan sekuel dari Clannad musim pertama, After Story sering disebut sebagai anime  tersedih sepanjang masa. seperti biasa, waspadalah spoiler minor.

 Ngga usah banyak basa-basi yuk lanjut ke review-nya.


-
Judul: Clannad: After Story
Jenis: TV
Episode: 24
Musim: Fall 2008
Studio: Kyoto Animation
Genre: Slice of  Life, Comedy, Drama, Romance, Supernatural
Rating: PG - 13
-


Singkat Cerita:
Berlanjutnya kehidupan Tomoya, beberapa bulan telah berlalu sejak dia mengakui cintanya pada Nagisa. Sekarang memasuki semester dua, ia terus bertemu orang yang berbeda, dalam proses memperluas dunianya sendiri. Selain itu hubungan Tomoya dan Nagisa mulai masuk tingkat lanjut. Melalui hubungannya dengan Nagisa dan berbagai pertemuan, Tomoya mulai memahami arti pentingnya keluarga.

Plot cerita: 9/10
Related image
si alternatif

Sekuel yang memiliki plot lebih menarik daripada yang lalu, After Story masih memiliki plot "meet and greet" yang lebih baik dan disiapkan pada paruh pertama sekuel. Anime ini benar-benar lepas landas pada paruh kedua, ketika alur sudah memfokuskan pada Tomoya dan kehidupannya. Suasana sekuelnya tetap terasa sangat emosional. Akhir cerita masih benar-benar membingungkan, karena ada dua cerita berjalan (cerita utama dan alternatif) tidak disatukan dengan cara yang paling efektif.

Karakter: 8/10
Image result for clannad after story
jalan-jalan

Anime ini pada dasarnya dikelilingi pemeran, mengurangi jumlah karakter secara dramatis. Ini pasti menguntungkan karena karakter-karakter ini, khususnya Tomoya jauh lebih berkembang seiring berjalannya cerita. Karakter lama yang muncul kembali dan mereka juga lebih baik sebagai karakter, karena mereka disini sebagai pribadi sendiri daripada bagian harem.

Animasi: 9/10
Related image
mantan harem

Masih mempertahankan gaya animasi Clannad yang lama, dengan harapan animasi yang solid dengan banyak karakter moe, yang karakternya benar-benar tidak menua.

Soundtrack: 10/10
Image result for clannad after story
beduaan

Soundtrack yang sempurna, mempertahankan musik lama yang jauh lebih cocok dengan ceritanya, komposisi musik baru yang dapat berbaur dengan baik. Soundtrack sempurna dengan alur cerita lebih dramatis.

Tema: 10/10
Image result for clannad after story
cie yang pada sedih

Clannad: After Story masih unggul di area yang sama dengan pendahulunya, tema utama yang berbeda, tetapi terkait. Tema utamanya berhubungan dengan tragedi, baik yang benar maupun yang salah. Tomoya adalah perwakilan dari cara yang salah, sedangkan Nagisa mewakilli pandangan yang lebih positif. Mengatasi kesedihan dan tumbuh dewasa secata umum juga merupakan tema yang lazim. Anime ini menjadi sedikit realistis, menjadi lebih halus dan menghasilkan emosi yang tinggi.

Skor akhir: 9.2/10



Akhir kata:
Clannad: After Story meningkatan cerita besar-besaran dari musim pertamanya, bukannya tanpa cacat, seri ini masih sangat layak mendapatkan semua pujian terhadap keseluruhan anime.



Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca review saya kali ini, apakah anda setuju atau sangat setuju dengan apa yang baru saja anda baca??.
Tinggalkan komentar, dan pastikan untuk membaca ulasan saya yang berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Rekomendasi Anime Action terbaik

Ini Review #2 - Mahoujin Guruguru (2017)

Ini Review #1 - Mars of Destruction